BAGI REKAN-REKAN YANG BERMINAT JADI PENULIS BLOG,SILAHKAN ISI FORMULIR DISINI

Sunday, December 24, 2017

Ciri-ciri terjadinya reaksi kimia



A. Menimbulkan gas
       Reaksi kimia dapat menimbulkan gas pada saat berlangsungnya reaksi tersebut. Gas yang dihasilkan oleh reaksi kimia dapat berupa gas oksigen, gas karbondioksida, atau gas hidrogen. Contoh: reaksi kimia yang menghasilkan gas adalah reaksi pembakaran kayu, reaksi fotosintesis, dan reaksi garam karbonat dengan larutan asam.


B. Terjadi perubahan suhu
       Reaksi kimia ada yang menyerap panas dan ada juga yang melepaskan panas. Penyerapan atau pelepasan panas oleh suatu reaksi kimia dapat menimbulkan perubahan suhu pada lingkungan di sekitar tempat terjadinya reaksi tersebut. Jika reaksi kimia tersebut maka suhu di lingkungan sekitarnya akan menurun (menjadi lebih dingin). Reaksi kimia yang menyerap panas dinamakan reaksi endoterm. Sebaliknya, jika reaksi kimia tersebut melepaskan panas maka suhu di lingkungan sekitarnya akan meningkat (lebih panas). Reaksi kimia yang melepaskan panas dinamakan reaksi eksoterm.


C. Terjadi perubahan warna
       Suatu reaksi kimia dapat menyebabkan terjadinya perubahan warna pada zat-zat yang bereaksi. Contoh reaksi kimia yang menyebabkan perubahan warna pada zat-zat yang bereaksi adalah reaksi antara larutan FeCl3 (warna coklat) dengan larutan KSCN (tidak berwarna). Jika larutan FeCl3 diteteskan kedalam larutan KSCN maka akan terjadi perubahan warna pada larutan KSCN.


D. Timbul endapan
       Suatu reaksi kimia dapat menghasilkan endapan. Pembentukan endapan pada suatu reaksi kimia didasarkan pada kenyataan bahwa tidak semua materi larut dalam air. Jika materi hasil reaksi tidak dapat larut dalam air maka hasil reaksi tersebut akan mengendap.







0 comments:

Post a Comment

Notes :
1. Harap Berkomentar Sesuai Dengan Aturan.
2. Tidak Diperbolehkan Untuk Mempromosikan Barang Atau Jasa.
3. Bagi Komentar Yang Menautkan Link Aktif Dianggap Spam.
Selamat Berkomentar... :D