BAGI REKAN-REKAN YANG BERMINAT JADI PENULIS BLOG,SILAHKAN ISI FORMULIR DISINI

Sunday, December 24, 2017

Faktor yang mempengaruhi reaksi kimia



A. Ukuran partikel


       Semakin kecil ukuran partikel suatu zat maka semakin banyak partikel yang saling bertumbukan satu sama lain sehingga reaksi kimia berlangsung semakin cepat.
Contoh: serbuk kayu akan lebih cepat terbakar menjadi abu daripada kayu yang berbentuk batang.


B. Suhu reaksi
       Suhu yang semakin tinggi membuat partikel-partikel zat bergerak semakin cepat, akibatnya interaksi atau tumbukan antar partikel akan semakin sering terjadi sehingga reaksi berlangsung semakin cepat.


C. Katalisator
  • Katalisator (katalis) adalah zat yang ditambahkan kedalam bereaksi dengan tujuan untuk mempercepat berlangsungnya reaksi.
  • Katalis terkadang ikut terlibat dalam reaksi, tetapi tidak mengalami perubahan kimia. Jadi, pada akhir reaksi katalis akan dijumpai kembali dalam bentuk dan jumlah yang sama seperti sebelum reaksi.
Contoh: logam logam unsur transisi (vanadium, kobalt, nikel), asam, basa, dan berbagai macam enzim yang terdapat di dalam tubuh (amilase, protease, lipase, dan lain-lain).


D. Konsentrasi zat-zat pereaksi


       Semakin besar konsentrasi pereaksi maka semakin cepat laju reaksi yang terjadi, sebaliknya semakin kecil konsentrasi zat maka semakin lambat laju reaksi yang terjadi.






0 comments:

Post a Comment

Notes :
1. Harap Berkomentar Sesuai Dengan Aturan.
2. Tidak Diperbolehkan Untuk Mempromosikan Barang Atau Jasa.
3. Bagi Komentar Yang Menautkan Link Aktif Dianggap Spam.
Selamat Berkomentar... :D